Sejarah Wajit Cililin

Wajit Cililin adalah makanan tradisional khas dari daerah Cililin, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia. Sejarah Wajit Cililin dimulai pada masa penjajahan Belanda di Indonesia. Pada saat itu, Belanda membuka perkebunan tebu di wilayah Cililin dan membawa tenaga kerja dari berbagai daerah, termasuk Jawa Tengah.

Para pekerja tersebut membawa warisan kuliner dari daerah asal mereka, salah satunya adalah kue wajit. Awalnya, wajit hanya dijadikan oleh-oleh untuk keluarga mereka di rumah, namun kemudian kue tersebut mulai populer di kalangan masyarakat setempat.

Seiring berjalannya waktu, wajit Cililin mulai dikembangkan dan dijual sebagai produk kuliner yang bisa dijadikan oleh-oleh atau sebagai camilan. Produk ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti ketan, kelapa, gula merah, dan pewarna alami dari daun pandan dan daun suji.

Saat ini, Wajit Cililin telah dikenal secara luas di Indonesia dan bahkan telah diekspor ke beberapanegara, seperti Malaysia dan Singapura. Wajit Cililin juga telah menjadi salah satu ikon wisata kuliner di Kabupaten Bandung Barat dan menjadi andalan oleh-oleh bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah tersebut



 

Komentar